Jumat, 10 Agustus 2012

BUKU

Buku adalah sumber ilmu, jendela pengetahuan, guru, dan teman minum kopi yang menyenangkan. Buku merupakan salah satu hal penting dalam hidup saya. Apa adanya saya saat ini, bagaimana pola pikir saya terbentuk, dan cara saya memandang hidup, ditentukan oleh banyak hal dan salah satunya buku. Saya suka membaca buku, dari komik sampai novel epic yang bisa memiliki beratus-ratus halaman.   Menurut saya buku itu menyenangkan, bisa membuat kita tertawa sendiri, menangis kemudian memikirkan apa makna dari isi buku tersebut dan pelajaran apa yang bisa didapatkan. Tentu saja faktor penulis sangat menentukan akan menjadi seperti apa sebuah buku dilahirkan.
Dan ini beberapa judul buku, tulisan, cerita, dan komik serta pengarangnya yang pernah saya baca:
    1.    Drunken Monster - Pidi Baiq
Ini adalah salah satu buku kesukaan saya, buku yang luar biasa lucu dan bisa memotivasi pembacanya untuk melakukan hal baik dengan cara yang sederhana dan absurd. Drunken monster merupakan karya terbaik Pidi Baiq.
    2.    Drunken Molen - Pidi Baiq
    3.    Drunken Mama - Pidi Baiq
    4.    Drunken Marmut - Pidi Baiq
    5.    Al-Asbun Manfaatul Ngawur - Pidi Baiq
    6.    Hanya Salju dan Pisau Batu – Pidi Baiq, Happy Salma
    7.    Wawancara Imaginer Dengan Arian13 – Pidi Baiq
    8.    Dongeng Si Buaya, Kancil, Dan Kafibara – Pidi Baiq
    9.    5cm – Donny Dhirgantoro
Motivasi, seru, senang, sedih, terkejut, merenung, senyum, tertawa, dan bahkan menangis bisa di dapatkan dengan membaca buku tentang perjalanan 5 orang sahabat ini. Buku luar biasa!!!!
  10. Ksatria, Putri, Dan Bintang Jatuh – Dewi Lestari
Buku ini luar biasa membingungkan sekaligus mengejutkan. Banyak ilmu baru yang saya dapatkan dari buku ini.
  11. Filosofi Kopi – Dewi Lestari
  12. Akar – Dewi Lestari
Saya suka tokoh utama dalam novel ini. Bodhi adalah penggabungan karakter liar ala hardcore kid, penasaran tapi takut tipikal anak muda, dan sekaligus religius seperti Gandhi.
  13. Elektra – Dewi Lestari
  14. Madre – Dewi Lestari
  15. A Cat In My eyes – Fahd Jibran
  16. Curhat Setan – Fahd Jibran
  17. Yang Galau Yang meracau – Fahd Jibran
  18. Rahim – Fahd Jibran
  19. Travelers Tale – Adhitia Mulya, Ninit Yunita Dkk.
Saya selalu suka cerita petualangan atau jalan-jalan dan buku ini salah satu cerita perjalanan yang menarik.
  20. Meraih Kebahagiaan – Jalaludin Rakhmat
  21. Eragon – C. Paolini
Cerita epic yang seru dihadirkan Christopher Paolini dalam Eragon. Mirip dengan Trilogi Lord Of The Rings tapi dengan latar dan tokoh yang berbeda. Sang penulis sangat pandai dalam menggambarkan keadaan satu tempat atau bentuk tubuh seseorang, pembaca seakan terbawa dalam cerita yang disajikan. Tetralogi eragon atau The Inheritance Cycle adalah buku tebal dengan beratus-ratus halaman isi tapi saya tidak pernah bosan atau  capek membacanya. Christopher menyediakan kamus kata-kata bahasa kuno, elf, dwarf, dan urgal dalam bukunya. Entah dia mengarang sendiri, dibantu orang lain, atau ciptaan orang lain. Buat saya kata-kata itu menarik. Eka ai fricai un Shur'tugal
  22. Eldest – C. Paolini
  23. Brisingr – C. Paolini
  24. Inheritance – C. Paolini
  25. Tuesday With Morrie – Mitch Albom
  26. Words – Sartre
  27. The Book With No Name – Anonymous
  28. Perfume – Patrick Suskind
  29. Abu Nawas - …….
  30. Dialog Dengan Jin Muslim
  31. Catatan Seorang Demonstran
  32. Telepon Genggam
  33. Hujan Bulan Juni – Sapardi Djoko Darmono
  34. Main – Main jadi Bukan Main (Biography Warkop DKI)
  35. Katakan Cinta Dengan Kopi
  36. Lulus Kuliah, Cari Kerja? KUNO!! – Dody Mawardi
  37. Potret Pembangunan dalam Puisi – WS. Rendra
  38. Surat Dari Palmerah – Seno Gumira Ajidarma
  39. Kumpulan Cerpen Kompas 
40. Cerita Cinta Dari rumah Kayu - Dee & Kuti 
41. Wiro Sableng - Bastian Tito 
    Cerita silat asli Indonesia yang memadukan pengetahuan sejarah, legenda, dan mitos dan   saya selalu suka sejarah, legenda, juga mitos. 
442. Proceding Seminar Nasional Sastra & Sejarah Pakuan Pajajaran
  43. Dragon Ball
  44. Kungfu Boy
  45. Doraemon
  46. Darah Satria
  47. Slam Dunk
  48. Detective Conan
  49. Break Shot

Saya tidak bisa mengingat semua buku yang pernah saya baca. Yang pasti saya akan selalu menyukai buku dengan segala kerumitan dan keindahanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar